Menjadi HR itu kadang menyenangkan, kadang melelahkan. Karena banyak memiliki daftar panjang pekerjaan yang harus diselesaikan, yang terkadang mau tak mau harus bisa dilakukan secara multitasking.

Tentu menyenangkan bagi HR untuk bertemu orang baru, melihat berbagai jenis karakter karyawan, dan yang paling bikin senang ketika HR mampu merekrut karyawan yang sangat kompeten dapat berprestasi di perusahaan. Namun, tentu HR juga sangat kelelahan dengan segudang pekerjaan yang menuntut HR harus multitasking. Nah, berikut ini tips untuk menghadapi pekerjaan HR yang serba multitasking.

1. Buatlah Perencanaan yang Jelas: Bulanan, Mingguan, dan Harian

Pekerjaan HR ada banyak sekali, sering multitasking sampai keteteran. Kadang sampai kebingungan mau mengerjakan yang mana dulu. Nah, supaya jelas langkah pekerjaan apa yang harus kamu ambil, kamu bisa memulainya dengan membuat perencanaan yang jelas. Perencanaan dibuat bukan menjadi wacana saja, namun perencanaan harus kamu buat secara terukur selama sebulan, seminggu, dan hariannya akan melaksanakan pekerjaan apa saja.

2. Disiplin Dengan Prioritas Pekerjaan

Setelah membuat perencanaan kerja, kamu juga harus disiplin dengan perenacaan yang telah dibuat. Sebab jika tidak disiplin, pasti akan menggeser deadline jadwal pekerjaanmu.

Disiplin dengan prioritas pekerjaan akan membantu kamu untuk fokus mengerjakan sesuatu dalam satu waktu. Jika kamu fokus, maka akan membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Jadi kamu bisa segera beralih ke perkerjaan selainnya.

3. Siapkan Outfit HR Tiap Sebelum Tidur Malam

Supaya waktu dan pikiranmu di pagi hari tidak habis untuk memikirkan apa outfit yang tepat untuk bekerja, kamu dapat menyiapkannya saat malam hari sebelum tidur. Dengan begitu, saat pagi hari kamu bisa memikirkan hal-hal yang lebih penting. Seperti jadwal prioritas menjalankan pekerjaan.

4. Me Time itu Penting!

Walaupun banyak sekali tugas multitasking yang harus kamu selesaikan, ingat untuk mengambil waktu me time. Setiap orang butuh waktu sendiri untuk merenung, memuaskan kesenangan hobi, yang membuat perasaannya jadi lebih lega dan tidak stress. Kan kalau kamu stress, pasti makin tambah sulit menyelesaikan pekerjaan.

5. Pilih Rute Perjalanan Paling Efisien

Berangkat kerja, pulang kerja, perjalanan dinas, tentu memakan waktu dan tenaga. Padahal lumayan juga ya waktu perjalanan ini jika digunakan untuk mengerjakan sesuatu. Namun, jika digunakan untuk mengerjakan pekerjaan HR juga kurang kondusif.

Walaupun begitu, kamu tetap bisa menggunakan waktu perjalanan ini dengan mendengarkan podcast tentang management people atau manajemen SDM. Kamu bisa curi-curi waktu untuk mengembangkan diri, supaya skill kamu sebagai HR terus meningkat juga.

6. Bekerja Secara Team

Jika dirasa pekerjaanmu terlalu banyak untuk diatasi sendiri, kamu bisa komunikasikan dengan pimpinan untuk menambah staff HR. Delegasikan pekerjaanmu, bekerja secara team, dengan begitu beban multitasking kamu dapat berkurang.

7. Manfaatkan Teknologi Digital

Sekarang ini teknologi digital semakin berkembang dan mempermudah pekerjaan kita. Salah satu teknologi digital yang dapat HR gunakan adalah Digius. Digius adalah digital HR platform yang dapat membantu HR menyelesaikan tugas rekrutmen secara cepat, tepat, dan akurat.

Biasanya proses rekrutmen memakan waktu yang cukup lama, sedangkan pimpinan ingin dapat karyawan terbaik dengan cepat. Nah, itu semua terjawab dengan platform Digius. Kalau kamu penasaran bagaimana cara Digius kunjungi kami di Digius.id

Show CommentsClose Comments

Leave a comment

Scroll Up