Proses rekrutmen bukanlah hal yang dapat dilakukan secara asal. Jika HR asal menunjuk orang untuk bekerja di perusahaan, HR telah mempertaruhkan nasib perusahaan tanpa perhitungan. Bisa jadi nasib perusahaan jadi baik, atau jadi semakin terpuruk karena mempekerjakan karyawan yang tidak tepat.

Jika HR memilih karyawan secara asal, tentu hasil kinerja yang didapat pun untung-untungan. Jika kebetulan mendapat karyawan yang baik, maka perusahaan akan untung, begitu pula sebaliknya. Ketika merekrut karyawan yang ternyata tidak mampu untuk mengerjakan pekerjaan, perusahaan bisa merugi.

Oleh sebab itu HR perlu mengenal lebih jauh kandidat pelamar sebelum melanjutkannya prosesnya melalui tes psikologi. Simak manfaat tes psikologi untuk rekrutmen karyawan berikut ini:

1. Mengenali Kepribadian atau Perilaku

Mengenali kepribadian menjadi hal yang utama dalam proses bekerja dan berkolaborasi. Jika kamu malah mendapatkan karyawan yang memiliki kepribadian buruk, pemalas, tidak mau belajar, bahkan sombong dengan hasil pekerjaannya, tentu hal ini akan berdampak domino terhadap yang rekan lainnya.

Melalui tes psikologi, HR dapat menyaring kandidat mana saja yang memiliki kepribadian yang cocok dengan posisi pekerjaan yang ditawarkan serta sesuai dengan budaya kantor.

2. Mengukur Kecerdasan

Karyawan yang berkualitas tidak hanya diiringi dengan kepribadian yang baik, namun juga dengan kecerdasan yang baik pula. Kecerdasan ini perlu diukur agar kamu dapat mengetahui sejauh apa kandidat dalam melakukan pemecahan masalah.

3. Menguji Kekuatan dan Ketahanan Mental

Kamu dapat memberikan batas waktu untuk pelaksanaan tes psikologi. Hal ini berfungsi untuk mengetahui seberapa tahan mental kandidat, ketika mengerjakan soal disertai batas waktu.

4. Memvalidasi Kemampuan Kandidat di CV dengan Tes Psikologi

Di lembar CV kandidat, tentu kamu temui daftar keahlian. Daftar ini dapat kita percaya apabila sudah diuji kebenarannya, nah kamu bisa menggunakan tes psikologi untuk melihat apakah benar kemampuan asli kandidat seusai dengan apa yang mereka tulis di CV?

5. Memprediksi Kinerja

Tes psikologi dapat membantu kamu untuk memprediksi bagaimana kinerja kandidat yang akan melamar. Kita perlu mengetahui bagaimana kinerja seseorang sebelum teken kontrak dengan kandidat. Jika ternyata sudah tandatangan kontrak, kinerjanya malah buruk, tentu akan merugikan perusahaan.

6. Memetakan Keahlian karyawan

Karyawan dengan keahlian yang tepat, dapat ditempatkan di posisi pekerjaan yang tepat. Dengan demikian, perusahaanmu akan mendapatkan kinerja yang baik pula.

7. Mencegah Pengunduran Diri

Pengujian yang tepat kepada kandidat, akan membantu HR menemukan talent yang cocok untuk posisi pekerjaan dan perusahaan. Kecocokan ini berpotensi meminimalisir aksi resign dari kandidat-kandidat yang berkualitas.

Setelah melihat poin-poin di atas, terpapar jelas bukan kalau tes psikologi itu sangat penting untuk proses rekrutmen karyawan. Namun, selama ini tes psikologi atau tes kemampuan kerja dilakukan secara manual, menggunakan alat tulis dan kertas. Pemeriksa hasil tes pun dilakukan oleh manusia, yang berpotensi memiliki kesalahan perhitungan. Tes psikologi dan tes kemampuan kerja yang dilakukan secara manual juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Padahal perusahaan membutuhkan karyawan yang tepat dengan cepat, untuk dapat segera mengisi kekosongan di bidang pekerjaan yang dibutuhkan. HR tidak perlu khawatir, segala tes manual ini dapat diatasi dengan baik dengan menggunakan Digius Tes Online.

Digius adalah digital HR platform, yang dapat membantu HR untuk melakukan rekrutmen dan asesmen dengan mudah dan lancar. Kamu tidak perlu lagi berlama-lama menunggu hasil tes konvensional yang lama sekali prosesnya. Kamu dapat menggunakan tes psikologi yang tersedia di Digius, ataupun membuat tes sendiri untuk menguji kemampuan kandidat melalui tes kamu sendiri.

Digius memiliki banyak keuntungan yang dapat memudahkan HR dalam proses rekrutmen. Misalnya, HR dapat menentukan sendiri jadwal tes yang harus dikerjakan oleh talent, hasil tes dapat diketahui secara realtime sehingga meminimalisir kecurangan.

Hasil tes juga sangat user-friendly, mudah dipahami bahkan oleh pimpinan perusahaan sekalipun. Selain itu, kandidat tidak perlu bolak balik ke lokasi tes untuk mengerjakan tes, karena sejauh apapun posisi kandidat, HR tetap bisa melakukan seleksi rekrutmen untuk mendapatkan talent terbaik dengan cakupan yang luas. Masih banyak lagi keuntungan yang dapat HR peroleh dengan menggunakan Digius. Untuk mengetahui lebih lanjut, langsung saja hubungi team kami dengan mengunjungi Digius.id

Show CommentsClose Comments

Leave a comment

Scroll Up